Rakyat Miskin harus Kaya

Terdengar nyeleneh, terdengar susah dan pasti pembacanya akan mengeritkan dahinya takkala membaca judul diatas, ya itulah cita-cita penulis, bukan saat penulis masih umur balita, tapi ketika penulis memasuki kelas 6 sd dan menginjakkan kaki di suatu pulau yang tak berjarak 15 menit dari kota makassar.

Terdiam, heran dan terhanyut dalam penderitaan orang, ketika semua orang kota berpikir cara dan strategi halal & kotor untuk mendapatkan banyak uang dan memiliki hidup bagai selebriti papan atas Indonesia. Saat itu penulis bermain dengan anak2 pulau.

Seperti F/A-18 Hornet dan Ide Gila Para Inovator.

Waktu seperti F/A-18 Hornet yang terbang dengan 2 Ma, Tuhan adil memberikan pengetahuannya yang luas kepada umat-Nya, penulis diberikan kekayaan pengetahuan tentang Komputer. Semua berawal ketika SMK dan Kuliah jurusan IT,  berputar-putar seperti kincir angin disekitar ilmu pengetahuan komputer, trail by error . Itu semua terinspirasi karna orang-orang cerdas dan jenius di dunia komputer,  cara mereka menerawang, berimajinasi, menjadi inovator  sampai menelurkan aplikasi yang membuat semua orang memberikan Standing ovation, seperti  Xnuxer, Y3dips, S4ntoso, Nyoman, Adi Nugroho, dan legenda komputer dunia Onno W. Purbo menciptkan Wajan Bolic dan VOIP untuk rakyat, Linux Torvalds mulai menciptakan linux v 0.01 Agustus 1991, Richard Stallman (proyek GNU), Bill Henry Gates dan Paul Allen sang maestro Windows(walaupun dibuat dengan bahasa Bjarne Stroustrup), Double Steve (Jobs dan Mosniak) dengan Apple, Mark Zuckerberg dengan facebook, Om Google(Larry dan Sergey) dan banyak lagi.

Karena ide Mark Z tentang Social network dan Keyakinan penulis untuk lebih mendalamkan ilmu di dunia komputer semakin tinggi, fokus utama tetap satu yaitu web.

Musim Jualan Online.

Seperti fakta yang ada di lapangan maya, website online tumpah ruah berjualan, mulai dari lapak grosiran sampai lapak import/export. Penyebabnya sederhana karna semakin banyaknya bank-bank yang menyediakan produk perbankan seperti meyediakan  dan mempermudah proses perkreditan,seperti  kartu kredit dan produk perbankan pinjaman dana, semakin banyaknya orang yang berprilaku konsumtif, konsumen/client banyak meng-apply layanan perbankan yang dapat memudahkan transaksi penjualan/pembelian seperti ebanking segera dapatkan info di http://bca.co.id, barang2 yang ditawarkan beraneka-ragam sampai mobil classic pun dijual, tentu semua ini merupakan rencana masa depan penulis.

Perpaduan antara perilaku online store dan teknologi web yang penulis geluti ditambah pembelajaran retail dari tanya-sana-sini, text book dan implementasi langsung di lapangan secara bergerilya menjual baju. Bisa membuat penulis lebih percaya diri untuk memasuki pasar e-commerce. Walaupun sekarang webnya belum jadi 😉

E-Commerce out the box

Buat e-commerce harus memperkaya perusahaan dan owner donk. Salah!  Harusnya pembeli yang menjadi kaya. Pemikiran anda  ngawur donk? Tidak! Pembeli adalah raja, seperti kata Sam Walton pendiri WallMart “kita semua memiliki atasan yang sama. yakni pelanggan. mereka dapat memecat kita kapan saja, dengan membeli di tempat lain”.

Membuat suatu web e-commerce sama seperti membuat toko grosiran, ada expedisi, ada supplier, ada customer, perputaran barang cepat dan transaksi aman. Walaupun customer membeli hanya satu barang, antarkan saja barang itu tapi pengantaran saling silang dengan customer berdekatan. Menambahkan sistem GPS di tiap no. surat jalan. Pembayaran menggunakan COD, pembelian pulsa, atau melakukan penambahan saldo, memberlalukan sistem transfer  keamanan 3d menggunakan token sendiri.  SEO-kan web No.1 di Google, Yahoo, Bing mutlak.

Ataukah membuat alat pengukuran sepatu, dengan menggunakan sistem pengepasan sepatu berdasarkan lekukan kaki dan tingkat kenyaman, setelah itu data lekukan di transfer langsung ke account pembeli via email atau wifi atau alat ini  secara real time menampilkan detail ukuran dan total biaya pengiriman di lcd dan data langsung dikirm ke webserver.

Anda merasa tidak aman dengan account yang ada pada kami, isi depositnya mungkin lebih dari lima puluh juta? Penyelesaiannya sederhana, gunakan sidik jari anda, pasang di webcam dan lihat monitor posisi jempol anda, ayunkan secara vertical dan anda berhasil ter-autentifikasi.

Sistem marketing  Long Tile yang memberdayakan rakyat kecil, bagilah brosur kepada mereka dan syaratkan satu brosur satu pengunjung, jika si A berkunjung maka beri mereka komisi apalagi jika membeli barang  beri mereka lebih. Latih mereka  agar mau dapat berbicara dan mempengaruhi calon pembeli, menjelaskan katalog baru (jangan memberikan barang langsung) dan beri jaket bertuliskan “Tolong Aku, kunjungi ‘http://tokoabcd.com/sales/anderipi’ . Satu pengunjung (Unique Visitor)  bernilai satu sen dimata Google Adsense dan Iklan lainnya, maka beri mereka 0.5 sen bayangkan jika 1000 pengunjung.

Menjual alat kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau untung sedikit dan barang habis. Manfaatkan menjual kue pada saat jam2 setelah makan siang.

Jadikan Sistem Anda target serangan tentunya ini dilakukan pada saat testing beta. Bayar para Hacker/Cracker per url atau per teknik, investasinya tentu mahal, tapi ini demi kreadibilitas anda.

Open Sourcekan beberapa script anda tapi jangan script inti, script yang dapat dikembangkan oleh orang lain bahkan nanti lebih canggih dan banyak orang bisa mengambil keuntungan dari situ. Tentunya di bagian header cantumkan /* tokoku.com */